Aplikasi teori fonologi pada penanganan anak berkesulitas membaca

Hidayah, Rifa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5764-9669 (2013) Aplikasi teori fonologi pada penanganan anak berkesulitas membaca. Psikoislamika, 10 (2). pp. 49-55. ISSN 1829-5703

[img]
Preview
Text
9897.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesulitan membaca atau sering di sebut disleksia merupakan salah satu kesulitan belajar khusus dalam membaca. Membaca merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki anak dalam menempuh pendidikan. Mengingat pentingnya kemampuan membaca bagi semua orang maka pemahaman kesulitan membaca dan intervensinya melalui berbagai macam pendekatan sangat penting. Tulisan berikut ini akan mendiskusikan pentingnya penanganan kesulitan membaca pada anak berdasarkan pendekatan teori fonologi. Penanganan anak berkesulitan membaca membutuhkan pelayanan yang kompleks, demikian pula pelatihan kesadaran fonologi sebagai salah satu model pengembangan teori defisit fonologi akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan pelatihan yang lain, antara lain fonologi dengan ketrampilan bunyi bahasa, ketrampilan huruf dan visual taktil-auditori sensori motorik.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kesulitan membaca; anak; teori fonologi
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Rifa Hidayah
Date Deposited: 13 Dec 2021 20:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item