Uji aktivitas antikanker kombinasi ekstrak benalu belimbing (Macrosolen cochinensis) dan bawang sabrang (Eleutherine bulbosa (Mill.) Urb.) pada sel kanker serviks (SEL HeLa)

Listiyana, Anik and Suryadinata, Arief (2016) Uji aktivitas antikanker kombinasi ekstrak benalu belimbing (Macrosolen cochinensis) dan bawang sabrang (Eleutherine bulbosa (Mill.) Urb.) pada sel kanker serviks (SEL HeLa). Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
aniklistiana-rpiinter-2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data empiris diketahui bahwa kombinasi bawang sabrang (Eleutherine bulbosa )dan benalu belimbing (Macrosolen cochinensis) dapat membantu penyembuhan pasien kanker dan sudah terbukti banyak yang tertolong dengan ramuan ini. Oleh karena itu penting dilakukan pembuktian secara ilmiah tentang potensi kombinasi tersebut sebagai obat antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui efikasi kombinasi eksrak etanolik bawang sabrang dan benalu belimbing dalam menghambat pertumbuhan sel kanker serviks Hela dibandingkan dengan pemberian monoterapi serta untuk mengetahui mekanisme induksi apoptosis. Metode yang digunakan untuk mengetahui efikasi kombinasi antikanker adalah metode MTT, sedangkan untuk mengetahui mekanisme induksi apoptosis digunakan metode double staining acridine orange dan flowcytometry. Hasil yang diperoleh pada peelitian ini adalah (1) ekstrak etanolik dari tanaman bawang sabrang (Eleutherine bulbosa) mampu menghambat secara selektif pertumbuhan sel kanker serviks HeLa dengan nilai pada IC50 : 40.36 μg/ml, nilai SI (selectivity Index) sebesar 4.06. (2) ekstrak etanolik dari tanaman benalu belimbing (Macrosolen cochinensis) mampu menghambat secara selektif pertumbuhan sel kanker serviks HeLa IC50 : 217.72 μg/ml, nilai (selectivity Index) sebesar 5.77. (3) kombinasi eksrak etanolik bawang sabrang (Eleutherine bulbosa) dan benalu belimbing (Macrosolen cochinensis) dalam menghambat pertumbuhan sel kanker serviks Hela memberikan efek sinergis sangat kuat pada dosis EBS 22.62μg/ml : EBB 23μg/ml. Sinergis kuat : EBB 23μg/ml : EBS 11.31μg/ml ; EBB 23μg/ml: EBS 16.96μg/ml. Sinergis : EBB 23 μg/ml: EBS 5.65 μg/ml ; EBB 93.2 μg/ml ; EBS 11.31 μg/ml. (4) profil Kromatografi Lapis Tipis dengan menggunakan scanner menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat pada ekstrak adalah senyawa terpenoid, alkaloid dan flavonoid.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111716 Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education
Depositing User: Miftahus Sholehudin
Date Deposited: 10 Jan 2017 06:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item