Psikologi kepribadian

Solichah, Novia (2021) Psikologi kepribadian. CV Mahata Magna Raharja Tama, Yogyakarta. ISBN 978-623-6480-23-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
10117.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Buku ini disusun dengan maksud untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah psikologi kepribadian. Dalam matakuliah tersebut diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, istilah, macam-macam teori dan latar belakang teori psikologi kepribadian. Mampu mengidentifikasi karakteristik khas dari Konsep kepribadian utama (Psikoanalisis, Kognitif, Behavioristik, Humanistik dan Trait) dan faktor-faktor yang membentuk/mempengaruhi kepribadian, serta mampu melakukan analisis kritis terhadap pengalaman diri dalam psikologi kepribadian.
Mahasiswa mampu memetakan pola dan dinamika perilaku diri sendiri berdasarkan teori kepribadian, mengenali atau mengidentifikasi respon-respon (kognisi, afeksi dan psikomotor) yang tepat dari pola dan dinamika kepribadian tertentu melalui pengalaman langsung (immediate experience). Menjelaskan perbedaan individu berdasarkan konsep kepribadian utama dari hasil refleksi terhadap pengalaman diri dan memahami tipe gangguan kepribadian.
Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mencapai capaian pembelajaran tersebut. Materi pembelajaran yang disajikan dirancang secara prosedural yang terdiri dari tujuan pembelajaran yang akan dicapai, materi, contoh, dan latihan. Oleh karena itu, pengguna buku ini mengikuti tahapan prosedur yang disarankan pada setiap tahapan. Wawasan, semangat dan sikap optimis sangat diperlukan untuk membangun motivasi dalam mempelajari buku pembelajaran psikologi kepribadian ini. Paparan dan latihan yang disajikan sangat menentukan kelancaran dan keberhasilan melakukan aktivitas selanjutnya.

Item Type: Book
Keywords: psikologi kepribadian
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 03 Feb 2022 14:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item