Mukti, Taufiq Satria (2021) Pemanfaatan online asesment dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19. 000297787.
|
Text
10153.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan yang besar terhadap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian yang bertujuan untuk mengekplorasi pelaksanaan penilaian pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi dilakukan dengan pendekatan mix-methode. Pendekatan ini digunakan untuk menggali informasi secara kuantitatif dan kualitatif secara mendalam. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik survey terhadap guru SDN 2 Ngijo dan SD Islam Integratif Pesantren Rakyat. Data kualitatif diperoleh dengan Study lapangan dan wawancara kepada pengelola sekolah (kepala sekolah dan guru) serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek Pelaksanaan Online Assesment, Prinsip Penilaian, dan Keandalan instrumen penilaian yang digunakan dalam penilaian pembelajaran jarak jauh mencapai skor lebih dari 60%. Persentase tersebut berada pada kategori baik terhadap pelaksanaan penilaian pembelajaran jarak jauh. Namun pada kenyataannya sangat banyak faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap pelaksanaan penilaian pembelajaran jarak jauh. Faktor ekonomi menjadi faktor utama dalam menyediakan sarana dan prasarana pendukung dalam melaksanakan penilaian pembelajaran jarak jauh tidak berlangsung sesuai dengan konsep dan teori. Dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa pelaksanaan penilaian pembelajaran jarak jauh yang berlangsung secara online tidak mencapai hasil yang maksimal
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | pandemi; pembelajaran jarak jauh; penilaian |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Taufiq Satria Mukti |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 09:38 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |