Aplikasi dan prinsip belajar dalam pembelajaran bahasa Arab perguruan tinggi minoritas Muslim

Wekke, Ismail Suardi and Faisol, Faisol (2016) Aplikasi dan prinsip belajar dalam pembelajaran bahasa Arab perguruan tinggi minoritas Muslim. Presented at Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 15 Oct 2016, Universitas Negeri Malang. (In Press)

[img]
Preview
Text
10326.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar bahasa Arab dalam setiap tingkatan pendidikan formal berbeda antara satu jenjang dengan kelas lainnya. dengan demikian, kelas-kelas pembelajaran bahasa Arabdi perguruan tinggi memiliki kekhasan ersendiri. untuk itu, penelitian ini akan menganalisis situasi pembelajaran di pergurun tinggi minoritas muslim. studi kasus penelitian mengkaji secara khusus sekolah tinggi agama islam negeri (STAIN) Sorong. Peneliitian ini menunjukkan dua hal yaitu apliasi dan prinsip belajar yang direktikkan dalam mengakselerasi keterfamilan berbahasa mahasiswa.Beberapa kegiatan tambahan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran untuk membantu penguasaan berbahasa. termasuk dengan progrfam intensifikasi selama satu semester dengan pembelajaran yang mengutamakan ada kemampuan penguasaan studi islam. usaha ini dilakukan untuk menitegritasikan keterampilan berbahasa yang akan dijadikan sebagai pemahaman awaldalam kajian bbeberapa materi keislaman yang mempersyaratkan kemmpuan berbahasa Arab.Keterampilan aling minimal yang diperlukan adalan kemampuan membaca dengan pemahaman ide tulisan. khirnya,aplikasi dan prinsip diterapkan menjadi model tersendiri untuk menuntaskan capaian bbelajar yang dituju.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: capaian belajar; aplikasi; prinsip
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Faisol Faisol
Date Deposited: 28 Mar 2022 14:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item