Implementasi budaya literasi digital untuk menguatkan moderasi beragama bagi santri (studi kasus di Mahad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Prastyo, Angga Teguh ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4572-6801 and Inayati, Isna Nurul (2022) Implementasi budaya literasi digital untuk menguatkan moderasi beragama bagi santri (studi kasus di Mahad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). INCARE (International Journal of Educational Resources), 02 (06). pp. 665-683. ISSN 2723-2611

[img]
Preview
Text
10590.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (367kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article...

Abstract

Studi ini memberikan ulasan mengenai implementasi budaya literasi digital untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama bagi santri di pondok pesantren berbasis perguruan tinggi di Mahad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Fokus kajian membahas budaya literasi digital dalam tataran implementasi dan dampak yang dihasilkan sehingga memberikan kontribusi dalam pembentukan pemikiran dan perilaku keagamaan yang lebih moderat bagi santri. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahapan alir: 1) reduksi data, 2) display data, 3) verifikasi kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah merubah mindset santri secara positif agar bisa dalam memahami agama Islam yang lebih moderat. Kedua, pelatihan dan membangun jaringan sosial media yang lebih konektif dan dipercaya antar pondok pesantren. Ketiga, memproduksi konten yang berisi ajaran nilai-nilai moderasi beragama dari Kyai untuk disebarkan di media digital. sedangkan dampak yang dihasilkan dari implementasi budaya literasi digital di Mahad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah timbulnya kesadaran untuk mempraktikkan dan memperluas nilai-nilai moderasi beragama dari para Kyai maupun tokoh agama lain yang dianggap selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam. Kedua mengintegrasikan semua nilai-nilai moderasi beragama dalam satu jejaring media digital agar mudah dipelajari semua generasi.

Item Type: Journal Article
Keywords: budaya literasi digital; santri; nilai-nilai moderasi beragama ; pondok pesantren; media sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200525 Literary Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Angga Teguh Prastyo
Date Deposited: 18 May 2022 10:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item