Riswadi, Riswadi, Supriyatno, Triyo ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6833-4555 and Ali, Nur (2021) Inovasi Kelembagaan Madrasah Berbasis Karakteristik Madrasah Model. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 04 (01). pp. 109-125. ISSN 2621-5861; 2621-5845
|
Text
10634.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (510kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan umum bahwa madrasah merupakan kelas dua dibandingkan dengan sekolah umum. Tujuan dari penelitian ini ingin menampilkan karakteristik “Madrasah Model”. Metode penelitian ini adalah literature review. Sumber data diperoleh dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang ada kaitannya dengan topik yang diteliti. Temuan diperoleh melalui deduksi dan wacana kritis, bukan melalui pengolahan data primer. Studi ini menggunakan content analysis (analisis isi) sebagai pendekatan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Model memiliki keunggulan dari aspek kurikulum, boarding school (asrama), memiliki pusat sumber belajar bersama, SDM yang profesional, muatan lokal dan ekstra kurikuler yang fleksibel dan islami. Dengan demikian penelitian ini sangat penting agar Madrasah Model menjadi Center for Excellence bagi madrasah lain untuk melakukan inovasi kelembagaan pendidikan Islam serta dapat dikembangkan pada masing-masing Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Innovation institutional; model madrasah; center for excellence |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | PROF.DR. Triyo Supriyatno |
Date Deposited: | 19 May 2022 14:46 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |