Nisa', Asfira Zakiatun, Marhayati, Marhayati and Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 (2022) Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa pada tugas program linear. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 4 (1). pp. 47-57. ISSN Print ISSN : 2656-0240, Online ISSN : 2655-8750
Text
10963.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa pada tugas matematika materi Program Linier melalui strategiself-regulated learning. Jenis Penelitian Tindakan Kelas digunakan dalam penelitian ini yang terdiri atas dua siklus. Dalam satu siklus memuat empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesionerdan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis diketahui bahwa rata-rata tingkat prokrastinasi akademik siswa pada tahap pra-siklus sebesar 80,896%, rata-rata tingkat prokrastinasi akademik siswa pada tahap siklus I sebesar 75,66%, dan rata-rata tingkat prokrastinasi akademiksiswa pada tahap siklus II sebesar 62,23%. Ketiga data tersebut menunjukkan adanya penurunan prokrastinasi akademik siswa pada tugas matematika materi Program Linier dari pra siklus ke siklus I sebesar 5,236% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,43%.Dengan demikian, strategiself-regulated learningyang digunakan dalam pembelajaran memberikan dampak positif terhadap penurunan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Blitar. Hal iniditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih giat dalam mengerjakan tugas-tugas matematika, di antaranyapengerjaan tugas dengan tuntas dan pengumpulannya tepat waktu.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | prokrastinasi; self-regulated learning; penelitian tindakan kelas; program linier |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Ulfa Masamah |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 12:38 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |