Efektivitas strategi inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik

Wijaya, Thomas, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X and Susilawati, Samsul (2022) Efektivitas strategi inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 6 (4). pp. 7627-7636. ISSN 2580-1147

[img] Text
11110.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (410kB)
Full text available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Pembelajaran di abad 21 menuntut siswa menguasai berbagai macam keterampilan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu adanya proses pembelajaran yang inovatif agar siswa lebih termotivasi dan tertantang dalam proses belajar. Strategi inkuiri merupakan salah satu pembelajaran yang diyakini mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa untuk melatih kemampuan berpikir secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan strategi inkuiri dan strategi konvensional, dan (2) menjelaskan perbedaan motivasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi inkuiri dan strategi konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t) dengan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan strategi inkuiri lebih baik dari pada siswa yang belajar melalui strategi konvensional, dan (2) motivasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi inkuiri lebih baik dari pada siswa yang belajar melalui strategi konvensional.

Item Type: Journal Article
Keywords: strategi inkuiri; berpikir kritis; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 27 Jun 2022 14:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item