Implementasi metode diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial

Firdiansyah, Yhadi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0247-0674 and Nurlaili, Nunung (2020) Implementasi metode diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 4 (2). pp. 11-18. ISSN 2549-1377

[img]
Preview
Text
11316.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (965kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi metode dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS di MTs Hasyim Asyari Kota batu yang diperoleh ketika guru mengimplementasikan metode diskusi. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas, yang mana penelitian terdiri dari 2 siklus, dan empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama banyak siswa yang mendapat nilaidi bawah dari nilai ketuntasan atau KKM dimana sebanyak 60% siswa yang belum memenuhi nilai kriteria minimal. Sedangkan siswa yang memenuhi nilai ketuntasan yaitu hanya 40 %.Pada siklus ke dua hasil belajar diperoleh sebanyak 86,67 % siswa mampun memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 13,33 % siswa yang memperoleh nilai < 70 yang artinya terdapat 2 siswa yang masih belum tuntas.

Item Type: Journal Article
Keywords: metode diskusi; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Yhadi Firdiansyah
Date Deposited: 26 Jul 2022 15:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item