Internalisasi jiwa wirausaha siswa ma al-ittihad melalui pendidikan kewirausahaan

Nisak, Khoirun, Firdiansyah, Yhadi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0247-0674, Nashith, Ali and Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 (2022) Internalisasi jiwa wirausaha siswa ma al-ittihad melalui pendidikan kewirausahaan. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1 (3). pp. 241-249. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
11337.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (404kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan program pembelajaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan siswa melalui pendidikan kewirausahaan. (2) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran menanamkan jiwa kewirausahaan siswa melalui pendidikan kewirausahaan. (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam proses internalisasi untuk menanamkan jiwa kewirausahaan siswa melalui pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi foto kegiatan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan uji validitas data berupa uji kredibilitas data penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran kewirausahaan di MA Al-Ittihad selalu melakukan analisis kebutuhan (needs analysis), a) mempersiapkan siswa, b) pembelajaran (kurikulum, jumlah jam, evaluasi, dan produk). (c) dan praktik pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di MA Al-Ittihad tidak hanya materi pembelajaran di kelas dan praktik di laboratorium, tetapi juga kegiatan seperti bazar, pedagang kaki lima untuk kelas XI, dan workshop kewirausahaan. (3) Hambatan dalam pembelajaran kewirausahaan di MA Al-Ittihad seperti pola pikir siswa yang kurang berkembang dan kreativitasnya yang kurang, alokasi waktu belajar yang sangat terbatas, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Solusi yang dilakukan pihak sekolah dan guru seperti memberikan motivasi kepada siswa dan memperbaiki sarana prasarana yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Journal Article
Keywords: internalisasi; jiwa wirausaha; pendidikan kewirausahaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Yhadi Firdiansyah
Date Deposited: 03 Aug 2022 14:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item