Efektivitas scanning Turnitin Pusat Penelitian dan academic writing untuk mencegah plagiarisme mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Afwadzi, Benny, Salsabiila, Husniyya Safira, Malik, Adam and Yulanda, Nurul Izhan Pepridel (2022) Efektivitas scanning Turnitin Pusat Penelitian dan academic writing untuk mencegah plagiarisme mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Malang.

[img]
Preview
Text
11535.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Plagiarisme di kalangan mahasiswa, sampai saat ini, masuk dalam kategori yang memprihatinkan. Sehingga, untuk menyikapi hal ini, banyak universitas di Indonesia menggunakan Turnitin sebagai alat pendeteksi plagiasi dalam bentuk similarity, termasuk di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Melalui Pusat Penelitian dan Academic Writing (PPAW), salah satu unit penunjang fakultas, kegiatan scanning Turnitin di fakultas ini dijalankan sejak awal tahun 2022 ini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menelusuri lebih jauh bagaimana efektivitas dari scanning Turnitin ini.
Fokus kajian dalam penelitian ini ada dua, yaitu proses scanning Turnitin yang dilakukan di PPAW dan efektivitas scanning Turnitin yang dilakukan di PPAW. Dalam fokus kajian kedua, beberapa kenakalan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk lolos dari similarity Turnitin akan dielaborasi secara lebih lanjut dan diformulasikan langkah-langkah untuk menanggulangi hal tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), yang dilakukan dengan menganalisis data-data hasil Turnitin proposal dan tugas akhir mahasiswa FITK di PPAW. Dengan metode purposive sampling, sampel program studi yang diambil ada tiga, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Sumber primer dalam penelitian ini berasal dari hasil Turnitin dari tiga program studi di atas, baik proposal maupun skripsi, yang berada dalam data base Turnitin PPAW. Sementara itu, data sekunder berasal literatur-literatur ilmiah, seperti buku, jurnal, prosiding, dan lain sebagainya terkait software Turnitin dan plagiarisme. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menemukan dua jawaban penting. Pertama, proses scanning Turnitin di PPAW dimulai dengan pengiriman proposal dan tugas akhir mahasiswa melalui google form yang telah disediakan sebelumnya. Ketika mendapatkan hasil similarity sesuai yang ditetapkan, maka mahasiswa akan dikirimi sertifikat bebas plagiasi. Namun jika gagal, maka mahasiswa akan diberikan informasi terkait ini dan dikirimi hasil scan Turnitin sebagai bahan revisi. Proses dari awal hingga akhir membuttuhkan waktu 1-5 hari kerja. Bagi mahasiswa yang gagal, pengiriman revisi baru bisa dilakukan setelah tujuh hari. Kedua, dapat disimpulkan secara umum bahwa scanning Turnitin di PPAW efektif untuk menanggulangi plagiarisme di kalangan mahasiswa, meskipun diwarnai dengan berbagai kenakalan yang dilakukan oleh mereka, yaitu pengurangan atau penambahan huruf, perubahan menjadi gambar, penggunaan kutipan langsung yang tidak wajar, penghapusan bagian yang mempunyai similarity tinggi, dan pengiriman revisi yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Supaya tidak terjadi hal demikian kembali, penelitian ini merekomendasikan beberapa kebijakan lanjutan, yaitu pengiriman dalam bentuk word dengan beberapa pengecualian halaman dengan format gambar, meneliti seluruh file dan merubah warnanya menjadi hitam, menjadikan file hasil scanning Turnitin sebagai naskah untuk seminar proposal dan sidang akhir, dan yang terakhir, memberikan pelatihan bagaimana penulisan karya ilmiah yang baik.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: efektivitas; plagiarisme; Turnitin
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Benny Afwadzi
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item