Pendidikan humanis John Dewey dalam perspektif pendidikan Islam

Mubarak, Ruma (2005) Pendidikan humanis John Dewey dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Malang.

[img]
Preview
Text
11579.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses pemanusiaan menuju lahirnya insan bernilai secara kemanusiaan. Agenda utama pendidikan adalah proses memanusiakan manusia menjadi manusia. Proses itulah yang disebut dengan pemanusiaan, proses membentuk manusia menjadi insan sejati. Pendidikan sebagai proses yang dilakukan oleh suatu masyarakat dalam rangka menyiapkan generasi penerusnya agar dapat bersosialisasi dan beradaptasi dalam budaya yang mereka anut, sesungguhnya merupakan salah satu tradisi umat manusia yang sudah hampir setua usia manusia. Pendidikan memang sudah sejak zaman dahulu kala menjadi salah satu bentuk usaha manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan eksistensi kehidupan maupun budaya mereka.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu (1) letak perbedaan konsep tujuan, pendidik dan peserta didik, dan metode pendidikan humanis John Dewey dalam perspektif pendidikan Islam? (2) relevansi konsep pendidikan humanis John Dewey dengan pendidikan Islam?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik library research (kajian literatur) dengan mengkaji buku-bukunya John Dewey sebagai data primernya seperti Democracy and Education (1916) dan Experience and Education (1938), serta buku-buku dari para pakar dan pemerhati pendidikan yang ada relevansinya dengan obyek penelitian ini menjadi data skundernya. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan content analysis (analisis isi) yaitu dengan cara memilah-milah data yang terkumpul untuk dianalisa isinya sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan. Serta untuk lebih mudah mendiskripsikan isi pembahasan, penulis menggunakan metode deduksi, induksi dan komparasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasa manusia, kebebasan dan pendidikan adalah tiga komponen yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain, karena ketiganya mempunyai hubungan yang sangat erat dalam kehidupan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwasanya konsep pendidikan humanis dapat digunakan sebagai alat untuk memanusiakan manusia, yaitu sebagai upaya membebaskan pendidik maupun peserta didik dari ketertindasan ganda berupa kebisuan dan monolog dengan menempatkan keduanya sama-sama menjadi subyek (pelaku) dalam posisi belajar bersama. Selain itu menunjukkan bahwa dengan strategi yang digunakan yaitu pendidikan dialogis dapat menjadikan pendidikan humanis sebagai alternatif pendidikan yang memanusiakan manusia. Kemudian yang terakhir menunjukkan bahwasanya pendidikan humanis dalam satu sisi terdapat kemiripan konsep dengan pendidikan Islam sehingga dapat dijumpai relevansi antara keduanya. Tetapi dalam sisi yang lain keduanya memang terdapat perbedaan yang mencolok, sebab pendidikan humanis (Barat) hanya berorientasi pada kepentingan duniawiyah belaka, sedangkan pendidikan Islam selain mempunyai orientasi dunia, juga berorientasi pada kepentingan akhirat.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat hubungan antara manusia, kebebasan dan pendidikan; konsep pendidikan pembebasan adalah konsep yang aktualisasinya dalam proses pembelajaran menempatkan hubungan yang egalitarian antara guru dan murid sebagai subyek yang sama-sama aktif, serta mengecam keras bentuk pendidikan yang transfer of knowledge saja yang terkesan tidak manusiawi, pendidikan pembebasan dengan strategi-strategi yang dugunakannya dapat dijadikan paradigma pendidikan yang mampu memanusiakan manusia, dan pendididikan humanis dalam satu sisi mempunyai relevansi dengan pendidikan Islam.
Dari hasil penelitian ini dapat disarankan, baik bagi para pemerhati maupun praktisi pendidikan, bahwa hasil penelitian ini diharapkan sebagai gerakan konstruktif untuk dijadikan langkah positif dalam mengembangkan pendidikan baik secara teoritis maupun praktis, selain itu hasil penelitian ini belum bisa dikatakan final conclution, untuk itu diharapkan terdapat penelitian lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini dengan topik atau obyek yang sama yakni tentang pendidikan humanis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan humanis John Dewey; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Ruma Mubarak
Date Deposited: 27 Apr 2023 13:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item