A'yuni, Qurrotul, Yuslizar, Firsa Afra, Wanti, Adella Ira, Hilmi, Danial ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1336-0190 and Arief, Gesbi Rizqan Rahman (2022) Peran lingkungan berbahasa dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10 (1). pp. 77-84. ISSN 24610550
|
Text
11870.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (294kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran lingkungan berbahasa di LPBA Nurul Jadid dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab dan mendeskripsikan pola personal branding guru di lembaga tersebut. Dengan menjadikan guru-guru bahasa Arab di LPBA Nurul Jadid sebagai partisipan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi lapangan. Data yang terkumpulkan dari observasi dan wawancara dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, restatement, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan berbahasa tidak hanya berperan dalam keterampilan berbahasa namun juga membentuk personal branding guru bahasa Arab; 2) kegiatan bahasa dan siswa merupakan unsur terpenting dalam lingkungan berbahasa yang membantu terbentuknya personal branding guru bahasa Arab; 3) dan pola guru mem-branding dirinya dengan cara memahami peran, menjalankan tanggung jawab, mengembangkan keterampilan, serta mengevaluasi diri.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | lingkungan berbahasa; personal branding; guru bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Danial Hilmi |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:22 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |