Peran lingkungan berbahasa dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab

A'yuni, Qurrotul, Yuslizar, Firsa Afra, Wanti, Adella Ira, Hilmi, Danial ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1336-0190 and Arief, Gesbi Rizqan Rahman (2022) Peran lingkungan berbahasa dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10 (1). pp. 77-84. ISSN 24610550

[img]
Preview
Text
11870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran lingkungan berbahasa di LPBA Nurul Jadid dalam membentuk personal branding guru bahasa Arab dan mendeskripsikan pola personal branding guru di lembaga tersebut. Dengan menjadikan guru-guru bahasa Arab di LPBA Nurul Jadid sebagai partisipan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi lapangan. Data yang terkumpulkan dari observasi dan wawancara dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, restatement, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan berbahasa tidak hanya berperan dalam keterampilan berbahasa namun juga membentuk personal branding guru bahasa Arab; 2) kegiatan bahasa dan siswa merupakan unsur terpenting dalam lingkungan berbahasa yang membantu terbentuknya personal branding guru bahasa Arab; 3) dan pola guru mem-branding dirinya dengan cara memahami peran, menjalankan tanggung jawab, mengembangkan keterampilan, serta mengevaluasi diri.

Item Type: Journal Article
Keywords: lingkungan berbahasa; personal branding; guru bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Danial Hilmi
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item