Sari, Sulistya Umie Ruhmana, Lestari, Reni Dwi and Kinasih, Iffa Abdillah (2022) Efektivitas model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7 (2). pp. 61-66. ISSN 2477-8443
|
Text
11902.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STEM dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran, hasil pembelajaran (aspek kognitif dan afektif) dan kompetensi siswa pada masalah teselasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design yang dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B kelas kontrol. Hasil pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dengan rata-rata 70,22 untuk kelas eksperimen dan 45,43 pada kelas kontrol. Model pembelajaran Project Based Learning juga efektif dalam meningkatkan disposisi matematis dengan jumlah responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 25,7% pada kelas eksperimen dan 10,1% pada kelas kontrol.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; Project Based Learning (PjBL); integrasi STEM; pemahaman konsep; disposisi matematis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Sulistya Umie |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 08:20 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |