Model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di Kota Malang

Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348, Aprilia, Elok and Sainuddin, Syamsir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2783-0181 (2022) Model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di Kota Malang. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). pp. 13-20. ISSN 2715-3622

[img]
Preview
Text
11940.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di Indonesia saat ini merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan antara, sikap, keterampilan, kecakapan pengetahuan, serta pemahaman terhadap ilmu teknologi, informasi dan komunikasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan antara sikap, keterampilan, kecakapan serta pemahaman terhadap ilmu teknologi informasi dan komunikasi adalah pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Melalui pola pembelajaran STEAM yang mulai di terapkan pada anak usia dini, harapannya dapat imajinasi dan proses pengetahuan anak menjadi lebih kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran STEAM yang diterapkan oleh lembaga PAUD kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menjadi sumber utama instrumen penelitian dengan menggabungkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 5 lembaga yang diberi tugas oleh Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menerapkan pembelajaran STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran STEAM di 5 sekolah ini mengacu pada konsep yang sama, namun memiliki perbedaan dalam menerapkannya pembelajarannya

Item Type: Journal Article
Keywords: pembelajaran STEAM; pendidikan anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Melly Elvira
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item