Syamsuddin, Syaiful and Utami, Mutiara Arlisyah Putri (2021) Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1 (1). pp. 32-40. ISSN 2776-8872
|
Text
11950.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (571kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa sekolah menengah. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria yaitu pencapaian keefektifan pembelajaran pada ketuntasan pembelajaran klasikal,aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Unit eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL pada pembelajaran matematika efektif diterapkan di Sekolah Menengah Pertama dengan rincian: (1) Rata-rata nilai (post-test) hasil belajar matematika siswa adalah 81,62 dengan standar deviasi 7,18. Hasil tersebut menunjukkan bahwa 28 siswa (96,55%) telah mencapai ketuntasan individu atau ketuntasan klasikal telah terpenuhi; (2) Rata-rata persentase siswa yang mencapai frekuensi kegiatan efektif sebesar 76,3%; dan (3) Respon siswa menunjukkan respon positifterhadap pendekatan CTL dengan nilai prsentase sebesar 77,87%.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | efektivitas; pembelajaran matematika; contextual teaching and learning |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Mutiara Arlisyah Putri Utami M.Pd |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 09:30 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |