Pengembangan buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama bagi anak usia dini

Wahyuningtyas, Dessy Putri, Rosdiana, Aprilia Mega ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6457-528X and Pramitha, Devi (2022) Pengembangan buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama bagi anak usia dini. Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini), 4 (1). 01-12. ISSN 2715-3622

[img]
Preview
Text
11976.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (400kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/prescho...

Abstract

Pedoman moderasi beragama yang ada saat ini belum menyinggung ranah pendidikan anak usia dini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama yang ditujukan bagi orang tua dan guru di Kelurahan Tunjungsekar. Buku panduan ini digunakan dalam mengobservasi nilai-nilai moderasi beragama yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari sehinga diharapkan dapat mengembangkan sikap moderasi beragama pada anak melalui pengasuhan yang positif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Bork & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket yang dinilai oleh beberapa validator yaitu ahli materi, ahli media, serta respon dari orang tua dan guru sebagai pengguna. Berdasarkan penilaian dari uji ahli media dan ahli materi, diperoleh nilai sebesar 85,3% dengan kategori sangat layak; sedangkan penilaian dari calon pengguna atau responden yang dalam hal ini adalah orang tua dan guru mendapatkan nilai sebesar 84,8%. Jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan, itu artinya produk sangat layak tidak perlu direvisi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama bagi anak usia dini layak digunakan dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Journal Article
Keywords: parenting positif; moderasi beragama; anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Dessy Putri Wahyuningtyas
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item