Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348 (2022) Penyetaraan skor tes matematika menggunakan butir bersama (anchor) dengan berbagai metode. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2). pp. 72-91. ISSN 25023802
|
Text
12014.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki kesetaraan skor try out UN mata pelajaran matematika SMP tahun 2014 Kota Makassar yang terdiri dari 2 paket soal yakni paket soal 1 yang direspons 2099 siswa dan paket soal 2 yang direspons 2068 siswa. Rancangan penyetaraan yang digunakan adalah Rancangan dengan butir bersama. Analisis yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan pendekatan IRT dengan membandingkan seluruh metode mean-mean, mean-sigma, Haebara, dan Stocking-Lord menggunakan pendekatan IRT model 1PL, 2PL, dan 3PL. Langkah estimasi parameter penyetaraan menggunakan paket equateirt pada program R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan soal UN paket 1 dan paket 2, tidak dapat dikatakan setara, hal ini diketahui setelah melakukan analisis dan menghitung persamaan regresi, diketahui bahwa paket 2 soal UN memilik tingkat kesukaran yang lebih tinggi dibandingkan paket 1. Penyetaraan paket 1 ke paket 2*, untuk semua model IRT, pada model 1 PL metode penyetaraan yang paling presisi adalah metode Stocking-Lord, untuk 2 PL yang paling dekat adalah metode Haebara, sedangkan untuk model 3 PL adalah model Stocking-Lord. Penyetaraan paket 2 ke paket 1*, untuk semua model IRT, pada model 1 PL, 2PL, dan 3PL metode penyetaraan yang paling presisi adalah metode Haebara.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | penyetaraan; mean-mean; mean-sigma; haebara; stocking-lord |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education |
Depositing User: | Melly Elvira |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 08:34 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |