Kepribadian ekstrovert dan introvert dan hubungannya terhadap penguasaan keterampilan membaca siswa melalui online di SMPIT Al-Fityan School Gowa

Fadillah, Nur Fausiyah, Bahruddin, Uril ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8599-7281 and Amrullah, Abdul Malik Karim (2022) Kepribadian ekstrovert dan introvert dan hubungannya terhadap penguasaan keterampilan membaca siswa melalui online di SMPIT Al-Fityan School Gowa. Jurnal Shaut Al-'Arabiyah, 10 (1). pp. 1-7. ISSN 2550-0317

[img]
Preview
Text
12297.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab melalui online menghadapi masalah pada kurangnya pemahaman siswa, terutama keterampilan membaca di antara siswa dengan kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kepribadian siswa ekstrovert dan introvert dalam pembelajaran keterampilan membaca melalui online (2) mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa ekstrovert dan introvert dalam keterampilan membaca; (3) mendeskripsikan hubungan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap penguasaan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPIT Al-Fityan School Gowa dengan pengambilan sampel sejumlah 31 orang yang terbagi pada dua kategori tipe kepribadian. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis Product Moment menggunakan program SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat kepribadian ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 siswa kategori baik. Tingkat kepribadian introvert yaitu 10 siswa kategori sangat baik, 5 orang siswa kategori baik; 2) tingkat penguasaan siswa ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 orang siswa kategori baik. Tingkat penguasaan siswa introvert yaitu 8 siswa kategori sangat baik, 7 orang siswa kategori baik; 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian ekstrovert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,284>0,05), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian introvert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,382>0,05). Temuan penting lainnya adalah penguasaan membaca siswa ekstrovert lebih tinggi dibandingkan siswa introvert.

Item Type: Journal Article
Keywords: kepribadian; ekstrovert; introvert; keterampilan membaca
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Prof Dr Uril Bahruddin
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item