Pengembangan prototipe pembelajaran integrasi nilai-nilai keislaman pada pembelajaran bahasa Inggris untuk madrasah tsanawiyah.

Galuh Nur Rohmah, Lina Hanifiyah, Ulil Fitriyah (2020) Pengembangan prototipe pembelajaran integrasi nilai-nilai keislaman pada pembelajaran bahasa Inggris untuk madrasah tsanawiyah. EC00202000678.

[img]
Preview
Text
12469.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran tradisional yang secara dominan berpusat pada peran guru, kita seringkali menemukan situasi dimana siswa dianggap sebagai objek pasif penerima materi yang tidak memiliki kesempatan untuk menghubungkan dan mengintegrasikan apa yang mereka pelajari dengan apa yang mereka hadapi di kehidupan nyata. Pengajaran masih dipandang sebagai aktifitas mekanik dimana guru sibuk memberi tugas, mengoreksi dan menilai. Selain itu, praktek pembelajaran masih dalam level pembelajaran dasar yang membuat guru tidak sukses mengangkat aspek lain di luar kognisi dan tidak berhasil membantu mereka untuk menghubungkan serta mengintegrasikan materi yang telah diajarkan dengan apa yang mereka alami.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan protoptipe pembelajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi secara holistic dengan nilia-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan prototipe pembelajaran berbasis integrasi-holistik nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini berupa kerangka kerja untuk pembelajaran berbasis integrasi-holistik yang dapat diterapkan di Madrasah.. penelitian ini menggunakan pendekatan design based research. Data dikumpulkan dari 3 sekolah pada 3 kota yang berbeda, yaitu: Malang, Pasuruan dan Surabaya dengan pertimbangan kultur pendidikan pada tiga wilayah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kelas, studi dokumentasi serta wawancara secara mendalam kepada guru matapelajaran Bahasa Inggris.
Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan empat tahapan inti dalam kegiatan pembelajaran terintegratif-holistic, diantaranya adalah: (1) Active Construction; (2) Making Connection; (3) Social interaction, dan (4) Reflection. Prototipe ini dapat dijadikan sebagai model pembelajaran pengintegrasian nilai-nilai keislaman terhadap pembelajaran Bahasa Inggris pada tingkat madrasah Tsanawiyah, namun perlu adanya penelitian tindak lanjut yang mengukur tingkat efektifitas prototype pembelajaran dengan level kelas yang berbeda dan/atau latar belakang sosio kultural sekolah yang berbeda

Item Type: Hak Cipta
Keywords: prototipe pembelajaran; integrasi nilai-nilai
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Galuh 085257478585 Rohmah
Date Deposited: 09 Jan 2023 15:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item