Persepsi guru terhadap integrasi nilai-nilai keislaman dan implementasinya pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Jawa Timur

Galuh Nur Rohmah, Lina Hanifiyah, Ulil Fitriyah (2019) Persepsi guru terhadap integrasi nilai-nilai keislaman dan implementasinya pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Jawa Timur. EC00201928677.

[img]
Preview
Text
12471.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Integrasi nilai – nilai Islam terhadap bidang keilmuan umum baik ditingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi masih menjadi isu yang sangat penting untuk didiskusikan. Meskipun semangat integrasi sudah lama dikemukakan, namun masih sangat minim pelaksanaan di tingkat lembaga pendidikan. Di tingkat sekolah dasar dan menengah contohnya, semangat integrasi tersebut sudah secara jelas termaktub pada kurikulum 2013, yang tertuang pada Kompetensi Inti (KI) 1, yaitu aspek ketuhanan. Pada KI 1 tersebut, dijelaskan bahwa dengan mempelajari bidang keilmuan tertentu, diharapkan siswa dapat menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Namun faktanya, pesan kurikulum tersebut masih belum dapat dengan mudah ditafsirkan oleh para stakeholder pendidikan, terutama guru sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan pembelajaran.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: persepsi guru Bahasa Inggris; integrasi nilai-nilai Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Galuh 085257478585 Rohmah
Date Deposited: 09 Jan 2023 15:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item