Model “Nine Instructional Events Gagne” dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Arab

Machmudah, Umi, Rosyidi, Abdul Wahab, Nurcholis, Ahmad and El Farouq, Muhammad Ayyinna Yusron (2022) Model “Nine Instructional Events Gagne” dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10 (2). pp. 235-255. ISSN e:2549-855X, p:2303-2871

[img]
Preview
Text
12559.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (450kB) | Preview

Abstract

Tidak sedikit orang memahami bahwa aktivitas-aktivitas eksternal yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa arab akan berdampak positif dalam memunculkan respon siswa. Peristiwa pembelajaran yang terdiri dari 9 langkah ini (1. menarik perhatian, 2. memberitahukan tujuan pembelajaran kepada si-belajar, 3. merangsang ingatan pada prasyarat belajar, 4. menyajikan bahan perangsang, 5. memberikan bimbingan belajar, 6. mendorong unjuk kerja, 7. memberikan balikan informatif, 8. menilai unjuk kerja dan 9. meningkatkan retensi dan alih belajar) amat penting karena mampu memicu “aktivitas internal” siswa. Penelitian dengan judul Model “Nine of Instructional Events Gagne” dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif 01 Singosari Malang ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tujuan penelitian ini mengungkapkan penerapan “Nine of Instructional Events Gagne” dan perwujudan aktivitas internal siswa dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif 01 Singosari Malang. Melalui analisis kualitatif didapatkan bahwa: 1) aktivitas eksternal dapat didasarkan pada 9 langkah peristiwa pembelajaran gagne sehingga dapat memicu munculnya aktivitas internal berupa respon dari siswa. 2) aktivitas internal siswa dapat berupa respon-respon terhadap pembelajaran dari guru yang bersifat timbal balik.

Item Type: Journal Article
Keywords: sembilan peristiwa pembelajaran Robert Mills Gagne; Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Umi Machmudah
Date Deposited: 20 Jan 2023 16:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item