Morfologi Arab: konsep dan peta perkembangannya masa klasik dan modern

Munjiah, Ma'rifatul and Tsaniyah, Hilwa Morfologi Arab: konsep dan peta perkembangannya masa klasik dan modern. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
12632.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Morfologi adalah mukaddimah yang sangat urgen untuk mengkaji bahasa, morfologi ibarat pondasi sementara ilmu-ilmu lainnya adalah bangunan yang ada di atasnya. Karena itu, sebelum membangun cabang-cabang ilmu kebahasaan lain seseorang harus memperkuat pondasinya terlebih dahulu, yaitu morfologi. Selama ini kajian morfologi Arab banyak difokuskan pada strategi dan media pembelajarannya atau pada bab-bab yang ada di dalamnya. Sangat sedikit yang mengkaji morfologi Arab dari sudut perkembangannya. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka ini bertujuan menguak proses perkembangan morfologi Arab dari masa klasik sampai masa modern, dan diperoleh kesimpulan bahwa dalam fase tumbuh-kembangnya morfologi melalui tiga tahapan; 1) lahirnya embrio morfologi sebagai bagian tak terpisah dari sintak, 2) lepasnya morfologi dari sintak secara definitif, 3) berdirinya morfologi Arab sebagai disiplin ilmu baru dengan nama ilm al-sharfi. Perkembangan morfologi mengalami lima proses perubahan yaitu; 1) istikhdam al-musthalah; penggunaan istilah mulai dari tashrif, lalu sharf dan akhirnya ilmu al-sharf. Penggunaan istilah al-nuhat lalu sharfiyyun untuk ahli morfologi, 2) wadh’u al-ta’rif; peletakan konsep morfologi, 3) tasnif al-abwab; kodifikasi bab-bab morfologi yang awalnya berbaur dengan bab-bab sintak dalam satu kitab lalu dipisahkan dalam pembahasan khusus, 4) ta’lif al-kutub al-khasah; disusun kitab-kitab khusus yang membahas morfologi setelah sebelumnya berbaur menjadi satu dengan sintak dalam sebuah kitab.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: morfologi; perkembangan; klasik; modern; ilmu sharaf
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Ma'rifatul Munjiah
Date Deposited: 30 Jan 2023 12:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item