Qisshotul Qur’an: upaya penguatan literasi keagamaan bagi siswa SD Al-Qur’an Ummul Quro Pamekasan

Rosi, Rois Imron and Fahmi, Ach. Syafiq (2022) Qisshotul Qur’an: upaya penguatan literasi keagamaan bagi siswa SD Al-Qur’an Ummul Quro Pamekasan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 15 (1). pp. 13-22. ISSN 2502-194X

[img]
Preview
Text
12924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (198kB) | Preview

Abstract

Literasi menjadi salah satu masalah dalam konteks Indonesia. Sebuah data menunjukkan bahwa 71% dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dikategorikan sebagai pemilik indeks literasi rendah. Akhir-akhir ini, model literasi lain muncul dan dipercaya sebagai model yang penting dalam menghadapi tantangan abad 21 yang dikenal dengan nama Literasi Keagamaan. Literasi Keagamaann ini merupakan salah satu bentuk literasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan wawasan di bidang keagamaan. Beberapa peneliti menyatakan bahwa literasi ini cukup jarang diperhatikan oleh para akdemisi utamanya di tingkat sekolah dasar. Untuk itu, penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan salah satu upaya dari guru SD untuk memperkuat literasi keagamaan siswa melalui Muatan Lokal bernama pelajaran Qisshotul Qur’an. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelajaran Qisshotul Qur’an adalah suatu upaya yang dilakukan guru untuk memperkuat pengetahuan keagamaan siswa. Pelajaran ini berisi kisah-kisah 25 Nabi yang diadaptasi dari Al-Qur’an. Materi dalam pelajaran ini disajikan dalam bentuk dongeng dan disampaikan dengan metode cerita agar membuat siswa tertarik. Saat siswa tertarik, maka pemahaman keagamaan mereka menjadi meningkat. Ketertarikan siswa salah satunya ditunjukkan dengan antusiame dalam pelajaran. Pelajaran ini juga terbukti mampu memperkuat literasi keagamaan siswa dengan dikuasainya kisah-kisah teladan para nabi serta aplikasi keteladanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Setiap guru telah memastikan internalisasi isi pelajaran melalui kontrol keteladanan di dalam maupun luar kelas

Item Type: Journal Article
Keywords: Qisshotul Qur’an; literasi keagamaan; SD Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Depositing User: Rois Imron Rosi
Date Deposited: 24 Mar 2023 09:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item