Aziz, Achmad Abdul and Kawakip, Akhmad Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4801-579X (2022) Konstruksi epistemologi pendidikan Islam dalam kitab Ta'lim al Muta'alim Thoriqu al Ta'allum karya al Zarnuji. Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 3 (1). pp. 36-50. ISSN 27744639
|
Text
12975.pdf - Published Version Download (979kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan menggali konstruksi epistemologi pendidikan Islam yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariqu al-Ta’allum karya Burhan al-Islam al-Zarnuji dalam bingkai epistemologi Abid al-Jabiri, yaitu Bayani, Burhani dan ‘Irfani. Konstruksi epistemologi pendidikan Islam yang ditawarkan dalam artikel ini adalah: Pertama, dari segi epistemologi Bayani, teori dan praktik pendidikan Islam harus memberdayakan teks sebagai sumber ilmu, baik berupa Al-Qur’an, Hadis, maupun literatur yang relevan, terutama literatur karya pakar muslim. Kedua, dari segi epistemologi Burhani, teori dan praktik pendidikan Islam harus memperluas dan memperkuat ruang-ruang kinerja intelektual peserta didik dalam proses pembelajaran, agar peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) maupun keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Ketiga, dari segi epistemologi Irfani, teori dan praktik pendidikan Islam tidak boleh melepaskan diri dari nilai-nilai sufistik, baik pada tataran bangunan epistemologinya (preskriptif), maupun pada tataran praktik pendidikan dan pembelajarannya (deskriptif).
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | epistemologi pendidikan; al-Jabiri; pendidikan Islam; Ta’lim al-Muta’allim; al-Zarnuji |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Akhmad Nurul Kawakip |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 09:27 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |