Eksplorasi pola barisan aritmetika dalam tarian hadrah

Royyani, Atiqotur, Marhayati, Marhayati ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7092-8080 and Rofiki, Imam (2022) Eksplorasi pola barisan aritmetika dalam tarian hadrah. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (2). pp. 23-32. ISSN 2828-8386

[img]
Preview
Text
13009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pola barisan aritmetika pada tarian Hadrahyang dilakukan oleh masyarakat desa Bangeran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dengansubjek penelitian merupakan pemain kesenian Hadrahdi desa Bangeran dan objek penelitiannya adalah tarian Hadrah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini terdiri atas tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan,teknik analisisdata yang digunakan adalah teknik analisisdata Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanyakonsep matematika yang terdapat dalam gerakan Hadrah, yaitu konsep pola barisan aritmetika. Konsep ini digunakan untuk mencari suku tarian ke berapa suatu gerakan terjadi pada pengulangan ke-n.Diperoleh rumus untuk mencari suku suatu gerakan yang terjadi pada pengulangan ke-nadalahuntuk menentukan gerakan satu =7n−6, gerakan dua =7n−5, gerakan tiga =7n−4, gerakan empat =7n−3, gerakan lima =7n−2, gerakan enam =7n−1, dan gerakan tujuh =7n.

Item Type: Journal Article
Keywords: pola barisan; aritmetika;tarian; hadrah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Marhayati Marhayati Marhayati
Date Deposited: 04 Apr 2023 13:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item