Mewujudkan doktor Pendidikan Bahasa Arab berkualitas melalui “trandisiplinary learning outcome “ (pengembangan program studi dan kelembagaan)

Rosyidi, Abdul Wahab, Machmudah, Umi and Suhadak, Suhadak (2020) Mewujudkan doktor Pendidikan Bahasa Arab berkualitas melalui “trandisiplinary learning outcome “ (pengembangan program studi dan kelembagaan). Research Report. LP2M, Malang.

[img]
Preview
Text
13028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi harus dilaksanakan sesuai strandart yang ditetapkan oleh Permendikbud RI No:3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Sesuai indikator oleh Batmang 2016, Sudikna 2015, Rozaq et,al.2020, Nicolescu&Ertas, 2008. Seaton 2002, dan Schoz, 2020, melalui kajian konten ditemukan bahwa Capaian Pembelajaran atau Learning Outcome yang ada pada Permenristekdikti No. 44/2015 (KKNI) adalah menggunakan ―pendekatan Transdisiplin . Dengan fokus pada ―keterampilan umum dan ―khusus penelitian ini bertujuan menjelaskan hasil evaluasi, rencana dan perencanaan dari ―Learning outcome transdisciplinery program studi doktor Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang ini disusun melalui pendekatan kualitatif dengan model penelitian evaluatif, sehingga hasil dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen yang di analisis melalui kajian konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan butir ―keterampilan umum pada KKNI, secara esensi ―terealisasi, rencana fokus pada butir yang belum maksimal. Rumusan transdisciplinery learning outcome dari keterampilan umum program studi doktor Pembelajaran Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah: ―memiliki temuan, pemikiran kritis, kemampuan IT serta strategi yang diwujudkan dalam penelitian dengan pendekatan transdisiplin dan mengkomunikasikannya pada jurnal terakreditasi Nasional/ Internasional serta memiliki kepemimpinan sosial dan keterampilan khususnya adalah ―Melakukan pendalaman dan perluasan IPTEKS, riset multi-transdisiplin dalam bidang Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: mewujudkan doktor; berkualitas; trandisiplinary learning outcome
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Abdul Wahab Rosyidi
Date Deposited: 06 Apr 2023 10:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item