Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran yang bercirikan realistic mathematics education di Madrasah Tsanawiyah Daruttauhid Malang

Sholikin, Nur Wiji, Badriyahtul, Siti and Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 (2019) Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran yang bercirikan realistic mathematics education di Madrasah Tsanawiyah Daruttauhid Malang. Presented at SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 21 Sep 2019, Malang, Indonesia.

[img] Text
13039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tantangan pembelajaran matematika di madrasah tsanawiyah dalam pesantren, motivasi belajar siswa rendah membuat siswa cenderung mengabaikan materi pelajaran umum, pembelajaran di kelas kurang menarik dan kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini memberikan solusi bagi pendidik, dengan cara mengeksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika yang bercirikan realistic mathematics education materi bangun datar segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII madrasah tsanawiyah daruttauhid malang. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dengan 5 orang asli lamongan, 3 guru matematika, dan 20 siswa kelas VIIc, analisis teks dan gambar, menyajikan informasi dalam bentuk gambar dan tabel, serta interpretasi pribadi atas temuan-temuan di lapangan. Eksplorasi permainan tradisional das-dasan dalam pembelajaran sebagai sarana untuk memotivasi siswa, dan memberikan inovasi baru bagi pendidik dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: eksplorasi etnomatematika; realistic mathematic; education; motivasi belajar; bangun datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Elly Susanti
Date Deposited: 06 Apr 2023 09:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item