Pengembangan bahan ajar geografi kebencanaan berbasis model small group discussion di Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Firmantika, Lusty, Cholifah, Nur, Salwa, Amalia Ramadhani Putri and Salsabila, Silfia (2023) Pengembangan bahan ajar geografi kebencanaan berbasis model small group discussion di Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8 (1). pp. 121-130. ISSN 2541-4224

[img]
Preview
Text
13083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar geografi kebencanaan berbasis model small group discussion yang terfokus pada studi bencana sosial. Pengembangan didasarkan pada kebutuhan bahan ajar yang belum tersedia, sehingga mahasiswa masih belum memiliki sumber penunjang pembelajaran yang sesuai. Buku yang digunakan selama ini sebagaian besar hanya terkait kebencanaan alam saja, sehingga diperlukan pembahasan mengenai bencana sosial di masyarakat. Pengembangan berbasis pada model small group discussion digambarkan langsung tahapannya pada bagian evaluasi pembelajaran. Pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian diketahui bahan ajar memperoleh nilai dari validasi ahli media 80.17%, ahli materi 97.82%, dan mahasiswa 81.06%. Artinya bahwa bahan ajar dinyatakan sangat layak untuk dipergunakan sebagai penunjang perkuliahan sesuai dengan kriteria penilaian hasil.

Item Type: Journal Article
Keywords: Geografi kebencanaan; Model small group discussion; Pendidikan IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Nur Cholifah
Date Deposited: 10 Apr 2023 13:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item