From sociolinguistics to communicative language teaching

Syafiyah, Syafiyah (2008) From sociolinguistics to communicative language teaching. Lingua, 3 (1). pp. 82-95. ISSN 2442-3823

[img]
Preview
Text
13093.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (576kB) | Preview

Abstract

Aliran Sociolinguistik sebagai respon dari aliran linguistik yang dipelopori oleh Chomsky memberikan pandangan baru terhadap hakekat bahasa. Menurut aliran ini bahasa tidak dipandang sebagai aturan-aturan gramatikal formal semata, tetapi lebih sebagai alat komunikasi. Memahami bahasa manusia berarti memahami bagaimana manusia berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana proses komunikasi terjadi. Memahami hakekat bahasa sama saja dengan memahami bagaimana bahasa itu berfungsi di tengah masyarakat. Menguasai bahasa berarti memiliki kompetensi komunikatif, yaitu kemampuan untuk menggunakan bahasa dengan benar dan tepat sesuai dengan konteks sosial. Kompetensi komunikatif meliputi kompetensi linguistik, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana dan kompetensi strategis. Dalam ranah metodologi pembelajaran bahasa, aliran tersebut melahirkan pendekatan pembelajaran bahasa komunikatif (Communicative Approach).

Item Type: Journal Article
Keywords: Sociolinguistics; communicative language teaching
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Unnamed user with email syafiyah@bsi.uin-malang.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2023 13:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item