Pengembangan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS: Teori dan Aplikasi

Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS: Teori dan Aplikasi. 1, 1 (1). Madza Media, Malang. ISBN 978-623-130-048-5 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
! Buku Pengembangan Instrumen Cetak Wahidmurni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Buku ini ditulis berdasarkan keinginan untuk membantu para calon pendidik dan pendidik untuk dapat menyusun instrumen penilaian berorientasi HOTS. Sebab, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan para pendidik untuk menyusun butir soal berorientasi HOTS masih kurang memuaskan. Berbagai faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan/keterampilan guru dalam menyusun butir soal berorientasi HOTS diantaranya adalah lemahnya kemampuan menganalisis kata kerja kompetensi dasar (KD) dan mengembangkannya ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang relevan pada level tingkatan berpikir yang diharapkan dalam naskah kurikulum. Padahal kemampuan ini merupakan prasyarat utama untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian berorientasi HOTS. Jika hal ini tidak teratasi, maka tidak mungkin keterampilan pendidik dalam menyusun butir soal berorientasi HOTS dapat diwujudkan. Lebih lanjut dipaparkan juga contoh-conntoh kasus menuliskan soal berorientasi HOTS, berdasarkan pada prosedur yang ditetapkan sebelumnya.

Item Type: Book
Keywords: HOTS, Penilaian Berorientasi HOTS, Instrumen HOTS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development