Islamic leadership screening scale

Hawabi, Agus Iqbal, Arifin, Zainul, Aghniacakti, Anindita, Huda, Miftahul, Laili, Dyah Yufi Syafi’atul and Purwaningtyas, Endah Kurniawati (2022) Islamic leadership screening scale. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Psychology Faculty, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13346.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat berbentuk Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademik, Universitas, dan Institut. Pada setiap jenis perguruan tinggi tersebut biasanya memiliki sejumlah jurusan atau program studi yang ditawarkan. Setiap calon mahasiswa yang akan memasuki suatu perguruan tinggi, akan dihadapkan kepada pemilihan program studi atau jurusan yang akan dimasukinya. Pemilihan program studi bagi mahasiswa merupakan saat-saat yang menentukan masa depan dalam setiap fase kehidupan. Adapun penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tentang konsep Islamic Leadership Screening Scale DEMA Fakultas Psikologi UIN Malang dan kegunaan Islamic Leadership Screening Scale DEMA Fakultas Psikologi UIN Malang.

Penelitian ini menggunakan paradigma atau pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang ada. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua anggota DEMA Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang periode 2021-2022 yang berjumlah 62 mahasiswa. Anggota DEMA tersebut sekaligus sebai sampel dalam penelitian ini.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa persoalan kepemimpinan dalam islam tidak hanya dipandang sebagai pemenuhan kebutuhan antar manusia (hablum minannas) saja. Akan tetapi ritual ibadah sebagai wujud dari ketaatan kepada Allah SWT (hablum minallah) juga tidak akan sempurna tanpa adanya kepemimpinan. Sreening scale islamic leadership ini berguna untuk mengetahui sejauhmana calon anggota DEMA memiliki potensi kepemimpinan yang islami.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Islamic Leadrship; screening scale
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Endah Kurniawati PurwaningTyas
Date Deposited: 14 Apr 2023 15:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item