Servant leadership pada perguruan tinggi berbentuk BLU untuk meningkatkan kinerja dengan self efficacy sebagai variabel mediasi

Purwaningtyas, Endah Kurniawati (2012) Servant leadership pada perguruan tinggi berbentuk BLU untuk meningkatkan kinerja dengan self efficacy sebagai variabel mediasi. Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta. ISBN 9789798442476 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
13405.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan telah sejak lama menjadi kajian yang menarik minat para peneliti pada empat dekade terakhir. Mulai dari Stogdill 1974, Rauch & Behling 1984, Bass 1985, Bass & Avolio 1994, Beekun, 1999 dan terus berkembang sampai saat ini.
Kisah bagaimana Rektor memaafkan dosen yang kehilangan mobil dinas, serta bagaimana beliau senantiasa meng-sms para dosen dan karyawan di pertengahan malam agar dikaruniai rahmat, barkah serta ampunan dari Allah swt, serta bagaimana beliau berusaha untuk merangkul orang-orang yang mungkin secara ideologi politik kampusnya yang berbeda, serta bagaimana beliau kemudian memberikan hadiah kepada orang yang baru saja ditegur karena melakukan kesalahan, merupakan fenomena yang lahir dari rasa cinta dan kasih sayang yang mendalam dalam lubuk hati beliau. Model di atas jelas selaras dengan apa dikemukan Greenleaf sebagai Servant Leadership, yang tercermin dalam karakter Listening, Empathy dan Stewardship.
Pertama, seorang pemimpin harus memiliki karakter yang bermoral melalui peningkatan keyakinan kepada Tuhan sehingga melahirkan empat kekutan spiritual berupa iman, islam, taqwa dan ihsan. Ke empat karakter ini dapat diukur dengan lima parameter kunci berupa perilaku Islami yang menyangkut tentang keadilan, amanah, kebajikan, berusaha meningkatkan kemampuan diri dan menepati janji (Beekun, 1999). Dalam penelitiannya, Beekun (1999) meyakini bahwa karakter yang memiliki moralitaslah yang akan mengarahkan seorang pemimpin untuk mengelola organisasi ke arah yang lebih baik. Karena itu, nilai spiritual yang menyangkut iman, islam, taqwa dan ihsan merupakan bagian dari dimensi kinerja bagi kepemimpinan Islami (Yunus,2009).

Item Type: Book
Keywords: servant leadership; self efficacy; BLU
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Endah Kurniawati PurwaningTyas
Date Deposited: 17 Apr 2023 13:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item