Konstruk teoritis dan pengukuran karakteristik kepemimpinan yang melayani pada lembaga pendidikan Islam

Purwaningtyas, Endah Kurniawati and Arifin, Zainul (2018) Konstruk teoritis dan pengukuran karakteristik kepemimpinan yang melayani pada lembaga pendidikan Islam. Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
13406.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Organisasi merupakan satuan sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut harus dirumuskan sedemikian rupa sehingga orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut akan mampu mencapainya bersama. Pada organisasi tersebut masing-masing individu diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja melalui berbagai kewenangan dan tanggung jawab (Robbins & Judge, 2008).
Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan yang saling berkaitan. Tahap pertama merupakan proses konseptualisasi dan konstruksi terhadap kepemimpinan layanan. Tahap kedua dilakukan berdasarkan hasil yang diperoleh dari tahap pertama. Pada tahap ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui uji coba skala kepemimpinan layanan dan analisis faktor skala kepemimpinan layanan .
Kepemimpinan Layanan adalah kepemimpinan yang menempatkan manusia sebagai faktor utama dalam organisasi, melibatkan bawahan, menghargai bawahan, memberikan contoh dan komunikatif. Faktor-faktor yang menjadi karakteristik dari kepemimpinan layanan adalah :
Keputusan yang melibatkan bawahan dengan musyawarah dan mufakat.Memberikan arahan dan motivasi pada bawahan. Mampu mengakomodir berbagai pendapat dan perbedaan pendapat. Melaksanakan keputusan yang telah disepakati dengan cara bertanggung jawab pada keputusan tersebut. Komunikatif dengan cara mengkomunikasikan kebijakan pada stakeholder. Transparan dengan menumbuhkan semangat kerja.Empati pada bawahan.Faktor/ indikator yang paling dominan dalam pembentukan kepemimpinan layanan adalah : Melaksanakan keputusan dan bertanggung jawabKomunikatifTransparansiIndikator yang paling lemah dalam membentuk kepemimpinan layanan adalah keputusan yang melibatkan bawahan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kepemimpinan yang melayani
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Endah Kurniawati PurwaningTyas
Date Deposited: 17 Apr 2023 14:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item