Pendidikan peace building di pesantren: sebuah upaya mencegah radikalisasi

Fitriani, Laily (2015) Pendidikan peace building di pesantren: sebuah upaya mencegah radikalisasi. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 16 (1). pp. 117-130. ISSN 1858 - 4349, 2442 - 5249

[img]
Preview
Text
13477.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren menerapkan prinsip tasamuh (toleran), tawasuth wal i’tidal (sederhana), tawazun (penuh pertimbangan) dan ukhuwah (persaudaraan). Peran pesantren sangat strategis dalam mentransformasikan budaya damai melalui pendidikan peace building. Fenomena radikalisme yang berujung pada aksi kekerasan kemungkinan di tahun-tahun mendatang akan terus menjadi ancaman sekaligus tantangan toleransi agama-agama di Indonesia. Karenanya, menghadirkan pemahaman keagamaan anti kekerasan dengan segenap nilai-nilai kearifan pendidikan kepesantrenan barangkali sebuah upaya untuk membangun kesadaran normatif teologis dan juga kesadaran sosial, dimana kita hidup di tengah masyarakat yang plural dari segi agama, budaya, etnis, dan berbagai keragaman sosial lainnya

Item Type: Journal Article
Keywords: pondok pesantren; radikalisme
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Laily Fitriani
Date Deposited: 17 Apr 2023 14:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item