Pengembangan modul pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur di Ma’had al Jami’ahUIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta)

Syuhadak and Nurul Hikmah (2022) Pengembangan modul pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur di Ma’had al Jami’ahUIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000408996.

[img] Text
14399.pdf

Download (2MB)

Abstract

1) Pengembangan Buku Saku pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur di Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini terdiri dari dua bagian yaitu: (1) Bagian pendahuluan terdiri dari halaman muka (cover), kata pengantar, daftar isi, dan tujuan pembelajaran. (2) Bagian isi terdiri dari materi pokok adalah sebagai berikut: BAB1: Mengenal Lebih Dekat Sosok Gus Dur
BAB II: Moderasi Beragama
BAB III: Korelasi Moderasi Beragama dan Pendidikan Agama islam
BAB IV: Konsep dan tujuan Pendidikan damai
BAB V: Moderasi Beragama Sembilan Nilai Utama Gus Dur
BAB VI: Penguatan Moderasi Beragama Perspektif Gus Dur
Daftar Pustaka

2) Tingkat validitas dan efektivitas pengembangan Pendidikan Moderasi Beragama Perspektif Gus Dur di Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebagai berikut (1) Materi buku saku pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur divalidasi oleh ahli materi dengan nilai kumulatif 41 dari 12 pernyataan dengan prosentase 85%. Sementara itu, hasil angket ahli media rancangan pembelajaran pada buku saku pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur yang telah divalidasi oleh ahli media mendapatkan skor kumulatif 39 dari 12 pertanyaan dengan prosentase 81%. Skor kumulatif diperoleh melalui perhitungan 4 indikator skala validitas materi dan media rancangan pembelajaran. Dengan demikian rancangan kualitas buku saku pendidikan moderasi beragama perspektif Gus Dur yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid.
(2) Berdasarkan persentase hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa buku saku yang diujicobakan dapat dikatakan sudah efektif dan layak untuk digunakan. Keefektifan dan kelayakan ini ditunjukkan oleh penilaian mahasiswa pada ujicoba lapangan. Skor kumulatif angket yang diperoleh sebanyak 86% diperoleh melalui perhitungan 4 indikator skala validitas berdasarkan jumlah pernyataan. Dan terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara perolehan belajar mahasiswa sebelum dan sesudah dilakukan ujicoba dengan nilai ratarata 72,75. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan produk yang dikembangkan ini efektif dalam rangka peningkatan perolehan belajar mahasiswa mengenai wawasaan moderasi beragama, sehingga produk tersebut layak digunakan bagi mahasantri di pusat ma’had al-Jami’ah UIN Maliki Malang

Item Type: Hak Cipta
Keywords: modul moderasi; Gus dur; Ma'had al jamiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Nurul Hikmah H
Date Deposited: 09 May 2023 09:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item