Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: problematika dan solusi prespektif sosiokultural Vygotsky

Kurniawan, Alfan Afifi, Ilmi, Bahrul, Authar, Nailul and Wargadinata, Wildana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7972-0462 (2022) Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: problematika dan solusi prespektif sosiokultural Vygotsky. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 14 (2). pp. 161-174. ISSN 26557444

[img]
Preview
Text
14721.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (644kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan dan solusi tersebut akan ditinjau dari prespektif sosiokultural ala Vygotsky. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif kepustakaan. Data yang disajikan berasal dari beberapa sumber seperti buku dan artikel penelitian yang terkait dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah teori Vygotsky bertumpuan pada tiga aspek utama yaitu genesis, Zone of Proximal Development(ZPD), dan mediasi. permasalahan pembelajran bahasa Arab menurut teori sosiokultural ada tiga, yaitu perbedaan sosiokultural, kurangnya interaksi berbahasa Arab, dan lingkungan berbahasa arab yang kurang. Sedangkan solusi dari permasalahan tersebut adalah perencanaan pembelajaran berbasis multikultural, berbasis kegiatam, dan berbasis lingkungan

Item Type: Journal Article
Keywords: pembelajaran bahasa Arab; sosiokultural; Vygotsky
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Prof. Dr. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Date Deposited: 29 May 2023 12:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item