Peningkatan pemahaman mahasiswa melalui pengembangan buku ajar kurikulum pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Nuzulia, Nuril ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4780-3866 (2023) Peningkatan pemahaman mahasiswa melalui pengembangan buku ajar kurikulum pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 7 (1). pp. 18-28. ISSN 2579-5813

[img]
Preview
Text
14759.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Buku Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah terhadap matakuliah Kurikulum Pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah salah satu sarana untuk membantu mahasiswa memahami dan meningkatkan kemampuan pedagogik. Kebutuhan untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif dalam sebuah pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pamahaman dan nilai mahasiswa, ini merupakan salah satu alasan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan sebuah model yaitu model Borg And Gall. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test dan observasi. Data yang diperoleh di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan yang dilakukan yakni berbentuk buku “Pengantar Kurikulum Pembelajaran” untuk mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (1) hasil penelitian dan pengembangan ini memenuhi kriteria valid dengan perolehan kevalidan, ahli materi memperoleh 90 %, ahli desain memperoleh 88 % (2) hasil uji coba untuk menilai kemenarikan buku “Pengantar Kurikulum Pembelajaran” yang dikembangkan untuk mahasiswa di Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebesar 90%. (3) hasil belajar siswa meningkat dilihat dari hasil pre-test sebesar 71,90 dan nilai post-test sebesar 87,10 maka dapat dikatakan bahwasannya buku “Pengantar Kurikulum Pembelajaran” sudah layak digunakan oleh mahasiswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: buku ajar; kurikulum pembelajaran; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Nuril Nuzulia
Date Deposited: 31 May 2023 12:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item