Peningkatan kreativitas mahasiswa melalui pengembangan buku ajar desain grafis berbasis kecakapan hidup

Marandy, Yuniar Setyo (2023) Peningkatan kreativitas mahasiswa melalui pengembangan buku ajar desain grafis berbasis kecakapan hidup. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 7 (1). pp. 1-12. ISSN 2579-5813

[img]
Preview
Text
14760.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (274kB) | Preview

Abstract

Pengembangan buku ajar desain grafis berbasis kecakapan hidup bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah salah satu sarana untuk membantu mahasiswa memahami dan meningkatkan kemampuan pedagogik dan kreativitas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar desain grafis berbasis kecakapan hidup bagi mahasiswa (2) Mengetahui tingkat kemenarikan desain grafis berbasis kecakapan hidup bagi mahasiswa, (3) Mengetahui pengaruh desain grafis berbasis kecakapan hidup bagi mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan sebuah model yaitu model Borg And Gall. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test dan observasi. Data yang diperoleh di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan yang dilakukan yakni berbentuk buku “Mahir Desain Grafis Untuk Pemula” untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil penelitian dan pengembangan ini memenuhi kriteria valid dengan perolehan kevalidan, ahli materi memperoleh 88 %, ahli desain memperoleh 90 %. Hasil uji coba untuk menilai kemenarikan buku “Mahir Desain Grafis Untuk Pemula” yang dikembangkan untuk mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebesar 90%. Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari hasil pre-test sebesar 67,28 dan nilai post-test sebesar 86,98 maka dapat dikatakan bahwasannya buku “Mahir Desain Grafis Untuk Pemula” sudah layak digunakan oleh mahasiswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: buku teks; desain grafis; kecakapan hidup
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Yuniar Setyo Marandy
Date Deposited: 31 May 2023 12:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item