Pengembangan media kereta kayu huruf Hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah Bahasa Arab Siswa Kelas I Makarimal Akhlaq Bantur Malang

Zulailiana, Susetna Lily, Nuzulia, Nuril ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4780-3866 and Mulyoto, Galih Puji ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0649-1587 (2022) Pengembangan media kereta kayu huruf Hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah Bahasa Arab Siswa Kelas I Makarimal Akhlaq Bantur Malang. Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1). pp. 25-39. ISSN 2714-7711

[img]
Preview
Text
14897.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (805kB) | Preview

Abstract

Keterampilan kitabah sering kali diabaikan dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Arab. Maka dari itu untuk mempermudah siswa dalam menulis bahasa Arab, maka dibuat media pembelajaran berupa media kereta kayu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan produk media kereta kayu huruf hijaiyah, 2) Menganalisis tingkat validitas dan kemenarikan media kereta kayu huruf hijaiyah, 3) Menganalisis keterampilan kitabah bahasa Arab siswa sesudah menggunakan media kereta kayu huruf hijaiyah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall melalui tujuh langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan kitabah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Prosedur yang digunakan yaitu (a) pengumpulan data, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal, (d) uji coba produk awal, (e) revisi produk awal, (f) uji coba lapangan, dan (g) revisi produk akhir. 2) Hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media kereta kayu huruf hijaiyah memperoleh hasil 95,5% yang termasuk dalam kategori valid. Tingkat kemenarikan media kereta kayu huruf hijaiyah memperoleh hasil 89,75% yang termasuk dalam kategori menarik. 3) Hasil uji t memperoleh thitung 4,56 > ttabel 1,717. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kereta kayu huruf hijaiyah. Maka dapat disimpulkan bahwa media kereta kayu huruf hijaiyah dapat meningkatkan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; media kereta kayu huruf Hijaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Galih Puji Mulyoto
Date Deposited: 09 Jun 2023 05:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item