Analisis faktor yang mempengaruhi minat muzaki membayar zakat

Mubarok, Wafiq Ibnu and Safitri, Rini (2022) Analisis faktor yang mempengaruhi minat muzaki membayar zakat. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5 (2). pp. 474-479. ISSN (Online ISSN: 2621-7465 & Print ISSN: 2621-6833)

[img]
Preview
Text
15036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (678kB) | Preview

Abstract

Tidak meratanya distribusi pendapatan menyebabkan bertambahnya masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Ditengah problematika ekonomi tersebut zakat hadir sebagai salah satu instrumen pengentas kemiskinan umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari faktor pengetahuan, religiusitas, trust, dan pendapatan manakah yang paling mempengaruhi minat muzaki membayar zakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan metode kuantitatif, dengan populasi masyarakat Kabupaten Trenggalek beragama Islam dan memperoleh sampel sebanyak 57 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software IBM SPSS 26 for Windows. Hasil uji parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pengetahuan dan religiusitas tidak mempengaruhi minat muzaki membayar zakat, namun faktor trust dan pendapatan zakat positif berpengaruh signifikan. Sedangkan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa faktor pengetahuan, religiusitas, trust, dan pendapatan berpengaruh terhadap minat muzaki membayar zakat. Saran kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel dan juga variabel baru seperti sosialisasi ataupun variabel moderasi seperti faktor usia, karena menurut hasil penelitian ini, pengetahuan, pendapatan religiusitas dan kepercayaan hanya mampu menjelaskan setengah dari seluruh faktor yang mempengaruhi minat muzaki untuk membayar zakat.

Item Type: Journal Article
Keywords: pengetahuan; religiusitas; trust; pendapatan; berzakat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Rini Rini Safitri
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item