Strategi pemasaran produk umkm melalui penerapan digital marketing Rumah Singgah UMKM BKTKI Sempulur

Solekah, Nihayatu Aslamatis ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6722-8283, Rofiq, Aunur ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9823-040X, Rozi, M. Fatkhur, Permatasari, Ditya and Zuraidah, Zuraidah ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9982-8139 (2023) Strategi pemasaran produk umkm melalui penerapan digital marketing Rumah Singgah UMKM BKTKI Sempulur. Community Service Report. Fakultas Ekonomi, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
15274.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah Singgah UMKM BKTKI Sempulur merupakan UMKM yang didirikan pada tahun 2012 yang terletak di Desa Pagersari Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Berdirinya UMKM Sempulur ini dilatarbelakangi oleh banyaknya warga Desa pagersari yang menjadi buruh migran prosedural ke Malaysia dan tidak bisa pulang karena kesulitan dokumen sampai bertahun – tahun. Melihat kondisi seperti ini, salah satu warga tergerak untuk membantu masyarakat menjembatani dengan mengumpulkan para migran tersebut ke dalam UMKM yang diberi nama UMKM Sempulur. Nama Sempulur ini memiliki arti berjalan terus (Istiqomah). Jumlah anggota Rumah Singgah UMKM Sempulur ini ada 60 anggota yang terdiri dari istri – istri TKI dan Wanita migran yang tersebar ke dalam beberapa jenis usaha. Alasan istri – istri TKI dan Wanita migran ini bekerja atau berwirausaha ini supaya para istri tidak bergantung lagi kepada suami dan supaya suami tidak bekerja di Luar Negeri lagi. Dalam pemasaran produknya, pelaku UMKM memiliki kendala terkait dengan pemasaran produk secara online melalui marketplace. Selama ini, mereka hanya memasarkan produk secara offline, yaitu dengan menitipkan barang mereka kepada temannya. Untuk pemasaran online hanya menggunakan status whatsapp dan beberapa saja yang menggunakan whatsapp binis. Sehingga pengabdian masyarakat yang dilakukan di Rumah Singgah UMKM Sempulur ini yaitu memberikan pelatihan terkait dengan Digital Marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran produk. Pelatihan di UMKM ini diawali dengan memberikan penjelasan terkait dengan apa itu digital marketing, kenapa digital marketing itu sangat penting untuk pemasaran produk, apa saja contoh media marketing sampai dengan bagaimana cara membuat konten yang menarik yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan untuk membeli produk. Pelatihan ini dilanjutkan dengan sharing terkait branding produk. Tim pengabdian dari FE UIN Malang mencoba membedah salah satu produk UMKM dan kemasan produk, kemudian diberikan saran supaya produk itu menarik karena salah satu hal yang paling penting untuk memasarkan produk melalui digital marketing adalah branding produk

Item Type: Community Service
Keywords: digital marketing; UMKM; market place
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Nihayatu Aslamatis Solekah
Date Deposited: 18 Jul 2023 12:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item