Korelasi penerapan metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS

Rohmah, Miftakhur, Firdiansyah, Yhadi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0247-0674, Rahmadani, Rafika and Indriani, Okta (2023) Korelasi penerapan metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7 (1). pp. 95-105. ISSN 26153025

[img]
Preview
Text
15344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (424kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak metode atau sistem Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 03 BP Peliung. Penenlitian ini berjenis eksperimen menggunakan desain Postest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung berjumlah 158 siswa, sedangkan sampelnya siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 berjumlah 64 siswa. Data dikumpulkan melalui tes yang dianalisis dengan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPS siswa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung adalah sedang yaitu dari 34 peserta didik terdapat 23 orang atau 67,65% memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 79,09 dan standar deviasi sebesar 7,71. Sementara hasil belajar IPS peserta didik tanpa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung adalah sedang dimana dari 30 siswa terdapat 23 siswa atau 76,67% memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 67,90 dan standar deviasi 7,70. Hasil pnelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung.

Item Type: Journal Article
Keywords: education; metode; Auditory Intellectuality Repetition (AIR); hasil belajar IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Yhadi Firdiansyah
Date Deposited: 02 Aug 2023 15:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item