Pengaruh syair Arab terhadap ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab

Yuningrum, Dwi Anti, Abidin, Munirul and Hilmi, Danial (2023) Pengaruh syair Arab terhadap ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2 (8). pp. 3647-3651. ISSN 2810-0581 (online)

[img]
Preview
Text
15716.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB) | Preview

Abstract

Analisis penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh syair arab terhadap ketertarikan pembelajaran bahasa arab pada mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil adalah 20 mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan satu variabel independent yaitu syair arab (X) dan satu variabel dependen yaitu ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa angket dengan 15 responden dan data sekunder berupa jurnal-jurnal dan buku-buku. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis normalitas, uji regresi linear sederhana kemudia uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini diketahui nilai signifikansi dari uji regresi linear sederhana (Sig.) sebesar ,001b yang artinya lebih kecil dari 0,05. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar ,001. Dari hasil tersebut diketahui lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa syair arab memiliki pengaruh terhadap ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Journal Article
Keywords: bahasa Arab; ketertarikan; pembelajaran; syair Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: munirul abidin
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item