Penguatan technological pedagogical knowledge guru madrasah di Pasuruan melalui pemanfaatan aplikasi berbasis IT

Basori, Basori, Mubarok, Harir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6949-4286, Anggrisia, Nur Fitria and Degaf, Agwin (2023) Penguatan technological pedagogical knowledge guru madrasah di Pasuruan melalui pemanfaatan aplikasi berbasis IT. Journal of Social Outreach, 2 (2). pp. 103-115. ISSN 2829-5668

[img]
Preview
Text
15896.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan diri dan pengetahuan tentang information technology (IT) merupakan aspek yang perlu ditingkatkan oleh seorang guru dalam tugasnya di kelas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menguatkan kemampuan technological pedagogical knowledge (TPK) melalui pelatihan pemanfaatan ragam aplikasi gratis berbasis IT. Kegiatan pelatihan sebagai bentuk wadah pengembangan diri guru difokuskan pada guru madrasah di wilayah Pasuruan, yaitu para guru-guru yang mengajar di MAN 1 Pasuruan. Pelatihan tentang pembelajaran melaui pendekatan model pengembangan media pembelajaran atau model ASSURE (Analize Learners; State Objectives; Select Methods, Media, and Materials; Utilize Media and Materials; Require Learner Participation; dan Evaluate and Revise) bagi para guru di MAN 1 pasuruan dapat berjalan dan diterima dengan baik. Hasil dari angket yang dibagikan sebagai bahan evaluasi menunjukkan sikap yang positif seperti menumbuhkan motivasi guru dalam memanfaatkan aplikasi berbasis IT dalam pengajaran, dan menambah referensi ragam aplikasi gratis. Hasil dari monitoring juga menunjukkan bahwa guru memanfaatkan aplikasi yang diajarkan untuk mengajar di kelas mereka. Diharapkan, pelatihan dengan topik penguatan teknologi dapat lebih dikembangkan.

Item Type: Journal Article
Keywords: aplikasi berbasis IT; pelatihan; penguatan TPK
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education
Depositing User: basori basori
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item