Syamsuddin, Syaiful ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4744-8609 and Utami, Mutiara Arlisyah Putri (2023) Perspektif guru pada dimensi pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran matematika. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12 (1). pp. 1-13. ISSN 2087-8249
|
Text
15933.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (298kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dalam penerapan kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013 menuntut guru lebih professional dan produktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk itu, guru harus memahami subjek pembelajaran yang ingin diajarkan dan mengerti strategi pembelajaran baik dalam hal pengukuran maupun penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan penelitian terdiri dari 40 guru matematika dengan pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun yang berasal dari 7 kota di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur dan FGD. Analisis data menggunakan model Bogdan & Biglen dan statistik deskriptif untuk menganalisis informasi yang diperoleh. Analisis ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai 4 sub-tema yaitu pemahaman guru mengenai arti matematika, tujuan mengajarkan matematika, dimensi yang diukur pada pembelajaran matematika, dan mengukur dan menilai matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami arti matematika, tujuan mengajarkan matematika, dan mengetahui dimensi yang diukur dalam pembelajaran matematika namun sulit menentukan teknik atau metode yang tepat dalam mengukur dan menilai kemampuan matematika siswa. Fakta lain diperoleh bahwa guru merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan sistem pendidikan yang diterapkan saat ini khususnya dalam hal pengukuran dan penilaian.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | pengukuran; penilaian; pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Mutiara Arlisyah Putri Utami M.Pd |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 14:07 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |