Pengaruh tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana terhadap kepekaan sosial mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta)

Muchammad Akbar Kurniawan et al. (2023) Pengaruh tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana terhadap kepekaan sosial mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000529390.

[img]
Preview
Text
15948.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh antara tingkat pengetahuan bencana terhadap kepekaan sosial. 2) Mengetahui pengaruh antara kesiapsiagaan bencana terhadap kepekaan sosial. 3) Mengetahui pengaruh antara tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana terhadap kepekaan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia yang sedang menempuh Mata Kuliah Geografi Kebencanaan dengan jumlah 118 orang. Selanjutnya, sampel berjumlah 91 ditentukan dengan teknik random sampling dan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen berupa kuesioner digunakan untuk mengukur kesiapsiagaan bencana dan kepekaan sosial mahasiswa. Kuesioner menggunakan skala likert 1-4 (sangat tidak setuju – sangat setuju). Instrumen berupa kuesioner didasarkan pada masing-masing indikator. Pengukuran kesiapsiagaan bencana yang terdiri dari 11 pernyataan, menggunakan indikator: 1) ketersediaan informasi bencana, 2) kewaspadaan saat terjadi bencana, 3) tindakan untuk menyelamatkan diri, dan 4) kegiatan sosialisasi bencana. Selanjutnya, kepekaan sosial terhadap bencana yang terdiri dari 12 pernyataan, diukur dengan indikator: 1) empati terhadap korban bencana, 2) kepedulian sosial pada saat terjadi bencana, 3) kesadaran diri terhadap adanya bencana, dan 4) menghargai orang lain dalam menanggulangi bencana. Selanjutnya, instrumen tes bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kebencanaan yang dimiliki oleh mahasiswa. Jenis soal tes pada penelitian ini berupa pilihan ganda berjumlah 17 yang didasarkan pada indikator: 1) mitigasi bencana, 2) penyebab terjadinya bencana, 3) tanggap darurat, 4) evakuasi, dan 5) pemulihan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji Liniearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Homogenitas, Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan), dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pengetahuan bencana tidak berpengaruh signifikan terhadap kepekaan sosial mahasiswa IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t parsial bahwa variabel pengetahuan bencana (X1) memiliki nilai sig. 0,376 > 0,05. 2) Kesiapsiagaan bencana berpengaruh signifikan terhadap kepekaan sosial mahasiswa IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t parsial bahwa variabel kesiapsiagaan bencana (X2) memiliki nilai sig. 0,000 > 0,05. 3) Tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana berpengaruh signifikan terhadap kepekaan sosial mahasiswa IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji F simultan bahwa variabel pengetahuan bencana (X1) dan kesiapsiagaan bencana (X2) memiliki nilai sig. 0,000 > 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 45,324.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: tingkat pengetahuan bencana; kesiapsiagaan bencana; kepekaan sosial
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0499 Other Earth Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 24 Oct 2023 14:54

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item