Persepsi guru madrasah terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran fiqih: Studi di MTsN 4 Malang, MAN 2 Malang (sertifikat hak cipta)

Rasmuin et al. (2023) Persepsi guru madrasah terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran fiqih: Studi di MTsN 4 Malang, MAN 2 Malang (sertifikat hak cipta). 000527567.

[img] Text
16071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan utama manusia yang harus dicukupi sepanjang hidupnya, dengan adanya pendidikan diharapkan manusia bisa berkembang maju. Pendidikan memegang peranan utama dalam suatu negara untuk mencerdaskan generasi bangsa. Namun banyak sekali problematika kebijakan pendidikan di Indonesia yang masih terjadi. Seperti Kebijakan Pendidikan di Indonesia yang seringkali berganti seiring dengan bergantinya Menteri Pendidikan. Hal itu menyebabkan seringkali pendidikan di Indonesia belum mencapai titik kematangan dan sudah diganti dengan kurikum yang baru seperti kebijakan kurikulum k-13 yang sudah diganti dengan kebijakan kurikulum merdeka belajar. Hal itu yang mendasari banyaknya persepsi yang berkembang di lingkungan guru, terdapat beberapa persepsi baik positif maupun negative. Banyak guru yang kurang dapat menerapkan kurikulum baru dikarenakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kurikulum lama dengan baru. Oleh karena itu perlu adanya Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk dapat menerapkan kurikulum merdeka dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan bagaimana persepsi guru serta persepsi mengenai fungsinya dalam proses implementasi juga kendala atau dampak dari implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 4 Malang dan MAN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Data yang dianalisis adalah dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dan negatif juga terdapat kendala atau dampak dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 4 Malang dan MAN 2 Malang. Untuk tercapainya kesempurnaan artikel jurnal ini maka penulis merekomendasikan agar melakukan penelitian lanjutan

Item Type: Hak Cipta
Keywords: implementasi; kurikulum merdeka; persepsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Rasmuin Rasmuin
Date Deposited: 03 Nov 2023 13:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item